Cara Mempartisi SD Card Android Untuk Link2SD

Cara Mempartisi SD Card Android Untuk Link2SD – Sebelumnya saya sudah posting tentang BBM untuk Android, jika anda berminat silahkan dibaca. Baik, saya akan bahas tentang partisi terlebih dahulu. Partisi adalah pembagian atau pemisahan memory atau biasanya pada komputer adalah harddisk. Tidak hanya komputer yang bisa dipisah harddisknya, SD Card juga bisa untuk hal tersebut. Mungkin karena dua-duanya sama yaitu untuk media penyimpanan.

Kenapa harus menggunakan Link2SD? Sebenarnya banyak metode untuk memindahkan aplikasi android ke SD Card, tapi kali ini saya menggunakan Link2SD karena menurut saya Link2SD lebih bisa memindahkan semuanya, mulai dari aplikasi dan data hingga dalvik chace juga. Ini adalah salah satu dari banyak cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card, jadi anda bisa menggunakan aplikasi lain yang mungkin bisa lebih dari Link2SD yang mungkin saya belum mengetahuinya.

Untuk mempartisi, kita membutuhkan software. Software tersebut  akan kita install di pc atau komputer. Ini kendalanya, harus repot-repot menggunakan komputer, tapi kalau tidak melakukan ini maka tidak bisa melakukan partisi karena saya belum tahu cara mempartisi yang tidak menggunakan pc. Saya tau banyak yang tidak suka cara-cara yang menggunakan pc karena memang akan sedikit merepotkan, kalau ada cara lain yang tidak menggunakan pc saya akan tunjukan pada anda segera.

Software apa yang akan dipakai? Softwarenya adalah MiniTool Partition Wizard. Link downloadnya bisa dilihat dibawah setelah ini. Partisi ada banyak jenisnya seperti FAT32, EXT3, dan lain-lain. Tetapi kali ini kita akan mempartisi SD Card dengan format FAT32. Berikut caranya.

Cara Mempartisi SD Card Android Untuk Link2SD :

Pertama download dulu software MiniTool Partition Wizard kemudian install, jika sudah terinstall di pc anda lewati langkah ini dan langsung ke langkah selanjutnya.

Sambungkan SD Card anda ke pc. Menyambungkannya bisa menggunakan Card Reader ataupun MMC Adapter, terserah anda. Kalau saya menggunakan MMC Adapter karena tidak punya Card Reader.

Jika cara kedua sudah, buka software MiniTool Partition Wizard yang sudah di download dan diinstall tadi.

Cara Mempartisi SD Card Android Untuk Link2SD

Pada MiniTool Partition Wizard akan terlihat SD Card, biasanya pada Disk 2. Klik kanan pada SD Card tersebut kemudian pilih Move/Resize. Di sana akan terlihat besar SD Card anda yang nanti akan di partisi, move/resize adalah untuk menentukan besar partisi.

Cara Mempartisi SD Card Android Untuk Link2SD

Masih dalam Move/Resize, tentukan besar SD Card anda. Maksudnya adalah tentukan besar partisi yang akan anda gunakan untuk menyimpan data anda seperti dokumen, musik, video, dan lain-lain (bukan yang untuk Link2SD. Nah, sisanya itu yang untuk Link2SD (untuk memindahkan aplikasi dan datanya, juga dalvik chace).

Jika masih bingung saya akan contohkan. Begini, saya punya SD Card berkapasitas 2GB, saya partisi pada Move/Resize sebesar kira-kira 1.3GB (ini yang untuk menyimpan file seperti dokumen atau musik) dan sisanya kira-kira 600MB untuk Link2SD.

Jika sudah Ok, maka akan terlihat partisi FAT32 dan Unallocated (belum ditentukan jenis partisinya) pada Disk 2 tadi.


Cara Mempartisi SD Card Android Untuk Link2SD

Karena partisi yang akan digunakan untuk Link2SD masih Unallocated, maka harus ditentukan jenis partisinya dengan cara klik kanan pada partisi yang masih Unallocated tadi kemudian pilih Create. Akan muncul peringatan (warning), lanjutkan dengan klik Ok.

Masih pada Create, ganti Create As menjadi Primary dan File System menjadi FAT32. Yang lain biarkan saja default. Untuk melanjutkannya klik Ok.


Cara Mempartisi SD Card Android Untuk Link2SD

Yang paling akhir anda tinggal menerapkannya dengan cara klik pada tombol Apply yang ada di pojok kiri atas dan tunggu sampai proses selesai.

Begitulah caranya, semoga anda semua mengerti dan memahami sehingga untuk mempartisi bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa halangan apapun, jika ada yang belum mengerti bisa ditanyakan di kotak komentar dibawah. Untuk cara menggunakan Link2SD dan pengaturannya akan saya tunjukkan pada postingan selanjutnya.

135 Responses to "Cara Mempartisi SD Card Android Untuk Link2SD"

  1. mmc adapter itu gimana ya? :/
    kalau nyambunginnya pake usb bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmc adapter itu bntuknya spt sd card yang besar.
      di coba saja.

      Delete
    2. gan waktu tentuin besar sd card itu kita createnya dimana gan? aku bingung sumpah :D mohon pencerahannya gan

      Delete
    3. Silahkan dibaca lagi tutorial diatas.

      Delete
  2. kenapa waktu di create katanya harus hapus semua partisinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hapus gimna, bisa di jelasin lagi??
      Pesannya apa?

      Delete
  3. gan kalo mau balikin lagi kayak semula gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, kapan2 saya post caranya. soalnya kalau di jelasih disini agak sedikit panjang.

      Delete
  4. Gan . Kalo sdCard.nya pengen dikembaliin seperti semula gimana caranya?
    Contoh saja 2gb..
    Mohon petunjuknya

    ReplyDelete
  5. setelah apply, ada tulisan pending operation,, udah nunggu lama katanya berhasil,, tapi yg kebaca malah partisi yg satunya,, partisi yg unallocated yg sudah saya ubah gak kebaca di komputer pun gak ada.. gimana yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, punya ane jg gitu. gmana mas fajar?

      Delete
    2. Kok bisa begitu gan?
      Biasanya link2sd membaca partisi kedua.

      Delete
    3. salah mungkin gan.. saya ngikutin triknya mas fajar berhasil kok..

      Delete
    4. gan fajar punya aku kyak gtu juga ,
      jadi gimana dunk mas ?

      Delete
    5. gan punya aku juga kyak gtu ,
      jadi gimana tu gan ?

      Delete
    6. Mungkin ada yang salah. Silahkan baca lagi tutorialnya dan coba lagi.

      Delete
    7. sama punya sy jg ga ada unallocatednya tuh...udah berapa kali di Move/Resize ga muncul2 jg...gmn tuh mas fajar

      Delete
    8. sama punya sy jg ga ada unallocatednya,udah berapa kali Move/Resize ga muncul2 jg..gmn tuh mas fajar..kakasih di tunggu jwbannya

      Delete
    9. Dikembaliin seperti semula, kemudian coba lagi.

      Delete
  6. trimakasih gan.. bermanfaat banget.. saya coba langsung berhasil..
    maklum gan newbie..
    kalo masalah windows bisa mampir ke blog ane.. www.puzhdotcom.blogspot.com.. kalo ada yang request trik nanti InsyaAllah ane postingin,, :D
    skali lagi mkasih gan Fajar..

    ReplyDelete
  7. Kalau mempartisi sd card and sd cardnya sudah ada datanya seperti file music etc, apakah data di sd card akan terformat/ terhapus ? Mohon pencerahannya ... nuhun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya di pindah dulu ke komputer. Kalau sudah selesai melakukan partisi, dipindah lagi ke sd card.

      Delete
    2. gan, kmren hp uda prnh di partici trus kmren hp ku knk flas. jadi partici nya yg satu ilang. jdi gmn tu gan?

      Delete
    3. gan hp saya sudah di partici trus knk trus kenak flash. jadi data memory ke3 nya hidden jdi utk menemukan data nya kembali gmn ya bro ? mohon bantuannya ya

      Delete
    4. Maksudnya gimana gan? Yang hilang data apa? Bisa dijelasin lagi.

      Delete
  8. gan, sy sudah mempartisi dua bagian, 7gb fat32 dan 1gb utk ext2, prosesnya koq agak lama ya tp berhasil sih, cuman setelah selesai koq gak bisa tampil di windows explorer ya (yg partisi fat32-nya), sy coba buka di minitool lagi, yg fat32 ada, yg ext2 gak ada kapasitasnya 0mb, gmn tuh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaikya hati-hati kalau mempartisi. Saran saya kembalikan lagi seperti semula, kemudian buat partisi lagi yang FAT32 saja.

      Delete
  9. gmna y gan cara balikin ke semula? ksh tau dong kpn terbitnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cari di daftar isi. Caranya sudah ada.

      Delete
    2. gan kalo d balikin seperti semula ap pengaruh dengan aplikasi" yg sudah d download?

      Delete
    3. Kalau yang suda diinstall pasti hilang, jadi sebelum mengembalikan sebaiknya uninstall dulu semua aplikasinya atau di backup pakai titanium backup. Kalau yang ada di sdcard, pindahkan dulu ke pc.

      Delete
  10. sebenarnya partisi swap berpengaruh dengan penambahan RAM gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Swap itu metode menambah ram, jadi partisi sd card linux swap kemudian menggunakan aplikasi swapper. Menurut saya itu sedikit pengaruh pada ram.

      Delete
  11. RAM expander sama Mini tolls partision wizard sama ngak gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. RAM expander untuk menambah ram. MiniTool untuk mempartisi.

      Delete
  12. siang all...
    bkn mw sok, tp cm bagi pengalaman ane...pertamanya setelah bkin partisi pas buka link2sd kagak kebaca partisi baru ane..trus ane buka CWM and reboot baru kebaca partisi tersbut n lgsg meminta kita format partisi tersbut...ane pilih fat32/ dan setelh reboot lagi bru dah nyang bru tu kebaca di link2sd...semoga membantu....

    ReplyDelete
  13. kalo misalnya ada tulisan yang intinya memori utama eksternal lebih besar drpd memori internal sehingga tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal (pada link2sd) nah itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana gan?
      Yang pasti link2sd membaca/menggunakkan partisi kedua.

      Delete
    2. saya pakai tab asus memopad 172 memory card sudah saya partisi tapi gk mau mindar ada peringatan " app2sd tidak didukung ponsel, karena ponselmu mempunyai penyimpanan luar utama yang melebihi penyimpanan internal "....terus gimana gan mohon bantuannya makasih
      balas ke : purwadidoang@gmail.com

      Delete
    3. saya pakai asus memopad kok gak bisa pindah ke sd card ya mas, padahal uda pakai link2sd dan saya partisi

      Delete
    4. saya pakai tab asus memopad 172 memory card sudah saya partisi tapi gk mau mindar ada peringatan " app2sd tidak didukung ponsel, karena ponselmu mempunyai penyimpanan luar utama yang melebihi penyimpanan internal "....terus gimana gan mohon bantuannya makasih
      balas ke : purwadidoang@gmail.com

      Delete
    5. Setting link2sd pas pertama uda bener belum?
      Kalau memori internalnya sudah besar tidak usah pakai ini mas, tab asus memopad 172 itu kan sudah 8/16gb memori internalnya.

      Delete
  14. sdh saya coba,. tpi pas saya pindahin aplikasi ny LINK 2SD tidak mendapatkan hak akses root,.. gmna nih

    ReplyDelete
  15. gmna pas saya coba katanya LINK 2SD tidak mendapatkan hak akses root

    ReplyDelete
  16. Ko punya saya tidak ke baca gan di link2sd apa ada yang salah. terus klo di ulang dari awal lagi apa memorsaya kembali lagi apa sudah di partisi.

    ReplyDelete
  17. partisi yang kedua gak bisa lebih besar dari yang ukuran pertama nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Sia-sia juga kalau partisi kedua dibuat besar.

      Delete
  18. klo memori yg 8GB disisain berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Partisi untuk link2sd jangan besar-besar. Mungkin 500 Mb saja sudah sangat cukup.

      Delete
  19. Agan hebat.. Kuliahx ambil jurusan apa?? Ato otodidak mungkin??

    ReplyDelete
  20. Gan lo pke kbel data USB port bsa gx gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja. Yang penting hp bisa terdeteksi oleh komputer.

      Delete
  21. Gan saya udah coba tuttorialnya dan berhasil. Saya pake Microsd 16GB dan dpartisi 3GB sama 11GB. Nah yang kbaca kok cuman yg 3GB ya? Jadinya klo download dan nyimpen file masuk yg ke 3Gb
    Saya ganti brapapun ukuran partisinya yg kbaca selalu yg paling kecil. Itu gmana ya nyiasatinnya supaya dua2nya kbaca gan? Oya sempat saya rubah jnis partisinya jadi Ext2 sama FAT32 tp yg EXT2 ngak kbaca.

    ReplyDelete
  22. Yang partisi kedua 3Gb kan? Kalau pakai lnk2sd biasanya yang terbaca itu partisi kedua dan partisi yang pertama untuk menyimpan file di sd card.

    ReplyDelete
  23. saya sudah mempartisi sd card 8 gb saya.. yg pertama 6,5 gb n yg kedua 600 gb. ketika saya ingin memindahkan aplikasi game saya ke sd card ko g bisa ya.. padahal saya sudah root hp saya. disana ada tulisan "partisi kedua tidak ada". dan ketika saya klik "pindah ke sd card ada pesan "app2sd tidak didukung oleh ponsel karna ponselmu mempunyai penyimpanan luar utama yang melebihi penyimpanan internal." itu knapa ya?? mohon pencerahannya..
    hp saya samsung galaxy young s6310

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa cara partisinya sudah seperti diatas? Dan ketika pertama kali membuaka link2sd sudah memilih FAT32?

      Delete
  24. Pengen di root tp klo gagal hasiknya bakal kyak gmna? Hp bisa mati total?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin saja, tapi kalau dilakukan dengan benar tidak akan gagal. Optimis saja.

      Delete
    2. saya kok jadi bingung, stlah baca dari berbagai artikel, untuk partisi ke 2 file system mggunakan FAT32, ada yg EXT2, ada yg EXT3. Sebenarnya yg betul yg mana gan ??

      Delete
    3. saya kok bingung, untuk partisi ke 2 ada yg nyarankan peke' file system FAT32, ada yg EXT2, ada yg EXT3. Yg bener yg mana gan ?? trus apa bedanya ?? Trims

      Delete
    4. root gak akan buat mati total. yang bikin mati total itu kalo lo ganti rom , root cuma buat ngilangin macem pembatasan dalam memodifikasi aplikasi. yang bakalan ilang kalo di root itu macem garansi kalo mau service di samsung center dia gak mau nangganin. sama ilangnya daya tahan hape sama virus makanya kita harus pake anti virus.

      Delete
    5. @rendra Memang setiap partisi memiliki kelebihan dan kekurangan. Terserah mas rendra mau milih yang mana. Karena saya disini menggunakan FAT32 pada tutorial menggunakan link2sd maka partisi saya juga harus FAT32.

      Delete
    6. Ow gitu ya. Soalnya sy pernah coba mggunakan EXT2 tdk terbaca oleh link2SD, trus sy coba ganti pake FAT32, baru terbaca. Apa sdh ada artikel ttg recovery mode untuk nexcom apollo ?

      Delete
    7. tolong mas Fajar cari referensi ttg recovery mode/cara flashing untuk nexcom apollo, coz kmrn HP bootlop gara2 kesalahan custom room mungkin, cari solusi di mbah google gak dapet juga. Yaaa akhirnya terpaksa bawa ke bengkel.

      Delete
  25. tampilan aplikasi partisin nya sama kaya EaseUS Partition Master 9.2.1 Home Edition yg buat partisi memory laptop -____-"

    ReplyDelete
  26. stelah saya apply keluarnya code eror:12.
    kenapa ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang salah. Di kembalikan lagi saja gan, kemudian partisi lagi.

      Delete
  27. gan,mau minta saran..
    klo saya pke 8 GB,sebaiknya besar untuk FAT32 berapa, EXT2 dan swap linux berapa ??
    mohon bimbingannya gan..

    ReplyDelete
  28. gan mau minta saran..
    kalau saya pkai 8 GB, sebaiknya berapa besar untuk partisi FAT32, EXT2 dan Swap Linux ???
    maksudnya pembagian kapasitas stiap partisi..
    tolong bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 500 mb sudah cukup gan. Kalau untuk link2sd saran saya pilih yang FAT32.

      Delete
  29. udah diklik kanan trs klik move/resize tapi partition sizenya gak mau diubah angka2nya itu kenapa ?

    ReplyDelete
  30. diklik kanan trs klik move/resize bisa, nah pas partition sizenya diubah kenapa gak mau diubah angkanya ya ?

    ReplyDelete
  31. saya sdh dowload mini tool partisi, ttp stelah SD nya di klik kanan knp gak ada tulisan move/resize?

    ReplyDelete
  32. knp memory read only ya?

    ReplyDelete
  33. Replies
    1. Read only maksudnya? Bisa dijelasin, pas dimana itu?

      Delete
  34. Mantaps ! , semua berhasil
    LANCAR JAYA
    Terima Kasih banyak ya gan !

    ReplyDelete
  35. akhirnya thanks agan diblog blog lain gak ada salah eror mulu sekarang berhasil juga thankx gan

    ReplyDelete
  36. kalo abis dipartisi trus ke format gimana om? harus dipartisi lgi atau ga ngaruh

    ReplyDelete
  37. kalo abis dipartisi trus ke format gimana om? harus dipartisi lgi atau ga ngaruh

    ReplyDelete
  38. kalo diformat kartunya gmana gan? partisi ulang ga/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya tidak gan. Yang diformat kan yang partisi pertama.

      Delete
  39. Gan tapi kok masih masuk ke memori internal ya

    ReplyDelete
  40. kalau ada tulisan panding gimana gan

    ReplyDelete
  41. gan kalau ada tulisan pending itu gmn gan makasih

    ReplyDelete
  42. makasih om postingannya lancar jaya

    ReplyDelete
  43. makasih om postingannya lancar jaya

    ReplyDelete
  44. kalo mw partisi kartu sd yg baru dibeli gmana gan??,,trus ane nengok artikel lain ktany bwt xperia hrs menginstal pc companion d laptop,,kaci pncerahan donkz
    !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya tidak usah gan, kalau mau partisi ya cuma pakai minitool partition.

      Delete
  45. ah... waktu milih fat32 kan hpnya reboot tuh mas tp knapa waktu mw hdup lagi hp saya restart2 trus gg mw hdup lagi?! kasi solusiny donk,,hp sya sony xperia m c1905 new !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pasang ulang script pada link2sd.

      Delete
    2. iya mas punya saya juga,

      Delete
  46. yang harus di set 'active' partisi pertama atau kedua? (secara default partisi 1 active partisi 2 none) file aplikasi nanti linknya ke yang active atau none?

    ReplyDelete
  47. sd card sudah di partisi tapi link2sd tetap tdk bisa memindahkan aplikasi dari internal ke sdcard?!
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  48. data di sd card ane pada ilang gan :(

    ReplyDelete
  49. makasih mas tutornya sangat membantu sekali,,di tunggu tutor2 yang lain

    ReplyDelete
  50. sdcard saya malah kedeteknya demage mas kenapa yah, terus ane restart g kedetek lagi sdcard nya...

    ReplyDelete
  51. sudah coba beribu kali mempartisi sdcard hasilnya nihil.di hp aku tidak terbaca semua.(pokok nya sdcard nya kebaca di hp lah.apa kira"solusinya kira"gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menghubungkan sd card ke pc pakai apa mas?

      Delete
  52. Klo Sdcard 4 Gb Bisa kan Mas???

    ReplyDelete
  53. Mas Klo Sudah Di Partisipasi ..Data Di SDcard akan Hilang Kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya kalau mau partisi file yang da di sd card dipindahkan dulu, kemudian kalau sudah selesai dikembalikan lagi.

      Delete
  54. permisi..

    2 hari pemakaian Tumbang jg MMC VGEN 8 GB Clas 6. Asemmmmmmmmmmm
    sp yg pake MMC clas 10..? review dong... :-D

    ReplyDelete
  55. udah bisa nih gan, makasih ya :)
    tapi ko masih ga bisa instal game ya? katanya memori ga cukup. padahal gue make yg 32 gb. buat link gue kasih 2gb. tp diinternal emg cuma 300 mb. enaknya gmn ya gan? tengkyu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya beli Android yang memori internalnya besar, jangan install banyak aplikasi, hapua aplikasi yang tidak digunakan, aplikasi yang sudah diinstall link ke sd card dengan link2sd

      Delete
  56. gan,ane bingung nentuin pas di move/resize nya,gmna cra nentuin partisinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disitu sudah saya jelaskan, mohon dibaca lagi mas tutorialnya. Emang susah jelasinnya dan juga susah dimengerti

      Delete
  57. Halo pak, saya mau nanya waktu download Minitool partition Wizard kok gk mau nge Unduh juga? *Maklum Newbie :D .
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan saya coba bisa, silahkan dicoba lagi

      Delete
    2. Udah saya coba berkali-kali , Setelah masuk link ini http://www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html Nanti muncul tulisan downlod now (Hijau) saya klik yg itu,Itu benar atau tidak gan?
      Makasih^^

      Delete
    3. Setelah klik download yang warna hijau maka akan masuk pada halaman baru yang disuruh klik lagi download warna hijau juga, file yang didownload nanti bernama pwhe8.exe
      Semoga membantu

      Delete


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya