Mengatasi Aplikasi Yang Force Close di Android

Mengatasi Aplikasi Yang Force Close di Android - Tentu sangat menjengkelkan jika tiba-tiba ada aplikasi di Android tiba-tiba menutup, apalagi tanpa alasan yang jelas. Kejadian ini biasa dinamakan dengan force close atau bahasa indonesianya menutup dengan paksa.

Kejadian ini bisa terjadi pada semua Android, entah samsung galaxy, sony xperia atau yang lainnya. Lebih-lebih jika Android memiliki spesifikasi yang tidak mencukupi untuk menjalankan aplikasi yang mengalami force close, pastinya resiko force close lebih besar.

Pertanyaannya kenapa bisa terjadi force close? Sebenarnya banyak sekali penyebabnya, namun saya akan sedikit saja membahas ini. Pertama force close bisa terjadi karena ram, ram adalah sesuatu yang harus ada di Android, besar kapasitas ram juga mempengaruhi kecepatan performa Android karena ram berfungsi untuk penyimpanan memori sementara yang bisa mempercepat proses membuka aplikasi. Jadi jika ram sudah penuh pastinya ini akan membuat lemot pada saat membuka aplikasi dan kemudian force close bisa terjadi.

Kedua penyebab dari force close kemungkinan bisa terjadi karena ketidakcocokan aplikasi dengan perangkat Android. Kemudian bisa saja aplikasi tersebut tidak sempura dan masih mempunyai bug sehingga resiko force close bisa terjadi.

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Force Close di Android

Mengatasi Aplikasi Yang Force Close di Android
App Force Close

Solusi dari force close tergantung dengan penyebabnya, jadi Anda harus bisa menganalisa penyebab force close dan memutuskan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Pertama jika Ram yang bermasalah karena penuh, Anda bisa menghapus ram kemudian mencoba lagi menjalankan aplikasi yang force close kemudian jangan menjalankan banyak aplikasi karena itu akan membuat ram penuh kembali, uninstall aplikasi yang tidak terpakai karena banyak aplikasi yang berjalan pada background tanpa disadari oleh penggunanya.

Jika cara tersebut tidak bisa mengatasi masalah force close, Anda bisa menghapus data aplikasi yang force close dan coba jalankan lagi. Kemudian jika masih tidak bisa mengatasi force close, coba menginstall ulang aplikasi karena mungkin file dari aplikasi tersebut ada yang hilang atau berubah karena suatu hal. Jadi coba cara ini untuk mengatasinya.

Beberapa kasus mungkin aplikasi tidak cocok dengan perangkat Android sehingga solusinya Anda bisa mencari aplikasi lain yang cocok dengan perangkan Andoid Anda atau mencari versi lain dari aplikasi tersebut.

0 Response to "Mengatasi Aplikasi Yang Force Close di Android"

Post a Comment


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya