Cara Memperbaiki Tombol Back Android Yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Tombol Back Android Yang Tidak Berfungsi - Sekarang ini banyak sekali beredar ponsel Android yang memiliki desain full touchscreen, namun masih menyisakan tombol di bawahnya antara lain tombol home dan back meskipun ada beberapa yang masih menyertakan keypad seperti Samsung Galaxy Chat (yang namanya untuk chat pasti lah ada keypadnya).

Android jenis full toucscreen memang terlihat sangat elegan dan juga menarik. Pastinya itu yang membuat semua hp sekarang ini bukan hanya Android menggunakan desain ini. Layar sentuh menjadi ketertarikan tersendiri bagi seseorang untuk menggunakannya. Namun kadang terjadi masalah pada tombol sensitive touchnya sehingga membuat penggunanya tidak nyaman.



Cara Mengatasi Tombol Back Android Yang Tidak Berfungsi


Hal ini pernah terjadi pada hp low end seperti Samsung Galaxy Young (karena sudah banyak penggunanya yang mengeluh tentang ini). Tetapi tidak semua Android bisa seperti ini, umumnya ini terjadi pada Android keluaran lama dan pada jenis Android tertentu saja.

Cara Memperbaiki Tombol Back Android Yang Tidak Berfungsi


1. Anti Gores
Anti gores atau plastik pelindung berfungsi melindungi layar supaya tidak terkena goresan. Namun, anti gores dapat  menjadi penyebab macetnya tombol back karena anti gores dapat mengurangi responsifitas terutama anti gores yang tebal. Selain itu debu/kotoran, minyak, dan air juga dapat menyebabkan tombol back Android anda tidak responsif dan menjadikannya macet.

Solusinya: Jika anda menggunakan anti gores, sebaiknya anti gores yang anda gunakan cukup menutupi pada bagian layar saja, sedangkan pada tombol back, home, dan option tidak usah dipasang anti gores. Rajin-rajinlah membersihkan permukaan layar Android anda dengan menggunakan kain halus dan juga kering untuk membersihkan debu, kotoran, minyak, dan air (jika Android anda terkena air) yang menempel pada layar, terutama pada tombol back.

2. Gunakan Aplikasi Pengganti Tombol
Ada beberapa aplikasi yang bisa menggantikan fungsi tombol back antara lain Easy Touch dan Button Savior. Fitur yang ditawarkan aplikasi-aplikasi tersebut bukan hanya untuk menggantikan tombol back, melainkan tombol home juga dan masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut di Google Play Store.

3. Melakukan Reset
Cara yang terakhir adalah melakukan reset pada Android anda jika tips diatas masih belum bisa mengatasi masalah yang anda alami. Melakukan reset bisa melalui pengaturan Android secara langsung ketika Android dalam posisi hidup ataupun melalui recovery jika Android dalam posisi mati. Anda bisa membaca cara melakkan reset pada Android.

Kalau semua cara diatas masih saja belum bisa mengatasi masalah anda, sebaiknya bawalah ponsel anda ke service center untuk tindakan lebih lanjut. Semoga masalah Anda bisa terselesaikan.

2 Responses to "Cara Memperbaiki Tombol Back Android Yang Tidak Berfungsi"

  1. itu kemungkinan besar hardware apa firmwarenya gan?

    ReplyDelete


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya