Cara Mengembalikan SD Card Android Yang Sudah Dipartisi

Cara Mengembalikan SD Card Android Yang Sudah Dipartisi - Atas kometar teman-teman yang menanyakan bagaimana cara mengembalikan memori SD Card Android yang sudah dipartisi, saya membuat artikel ini. Sebenarnya sangatlah mudah, tapi masih banyak yang bingung dan bertanya caranya.

Sudah kita ketahui kalau partisi adalah membagi memori menjadi beberapa bagian seperti yang sudah saya jelaskan pada cara mempartisi sd card Android yang digunakan untuk memindahkan aplikasi Android dengan link2sd. Disitulah juga menimbulkan pertanyaan bagaimana mengembalikan sd card yang sudah dipartisi.

Untuk memindahkan aplikasi ke sd card memang harus melakukan partisi dan selain itu juga harus melakukan root yang banyak orang tidak berani karena banyak alasan diantaranya kehilangan garansi. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan tidak usah melakukan root tetapi masih ada kekurangannya karena ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindahkan. Keuntunggannya adalah tidak beresiko sama sekali karena tidak harus melakukan root. Jika tertarik anda bisa melihat cara memindahkan aplikasi Android ke sd card tanpa root.

Memindahkan aplikasi ke sd card memang sangat bermanfaat karena bisa membuat memori internal sedikit lebih banyak dan meningkatkan performa Android. Bayangkan saja jika memori internal hanya 300 Mb dan kita menginstall puluhan aplikasi, pasti Android akan tambah lelet. Atau kita tidak bisa install aplikasi yang sudah lama kita mendownloadnya karena memori internal tidak mencukupi, pasti akan membuat kita sangat kesal.

Kembali ke pembahasan kali ini yaitu mengembalikan sd card yang sudah pernah dipartisi. Pasti setiap orang mempunyai alasan masing-masing sehingga ingin melakukan hal ini, entah apa alasannya.

Cara Mengembalikan SD Card Android Yang Sudah Dipartisi

  • Pertama pastinya memori sd card anda sebelumnya harus sudah dipartisi. Kalau tidak, apa yang mau dikembalikan.
  • Download software MiniTool Partition Wizard dan install. Jika sudah ada, anda tinggal membukanya saja mengingat pada cara mempartisi juga menggunakan software ini.
  • Sebelum membuka software MiniTool Partition Wizard anda harus backup dulu semua data yang ada di sd card supaya tidak hilang pada saat proses nanti.
  • Jika software sudah dibuka, pilih sd card yang akan dikembalikan partisinya. Biasanya bernama Disk 2.
  • Klik kanan pada salah satu partisi, kemudian pilih Delete. Yang pertama saya delete adalah partisi kedua dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengembalikan SD Card Android Yang Sudah Dipartisi

  • Klik kanan sekali lagi pada partisi yang satunya, kemudian pilih Delete lagi. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengembalikan SD Card Android Yang Sudah Dipartisi

  • Jika semua sudah dilakukan berarti sudah berhasil. Anda tinggal menentukan jenis partisi dengan cara klik kanan, kemudian pilih Create dan tentukkan mau jadi apa sd card itu.
  • Kalau saya menjadikan sd card itu seperti gambar di bawah.

Cara Mengembalikan SD Card Android Yang Sudah Dipartisi

Sepertinya sudah cukup untuk mengembalikan sd card semoga tutorial Cara Mengembalikan SD Card Android Yang Sudah Dipartisi bermanfaat untuk Anda yang sedang mencarinya.

3 Responses to "Cara Mengembalikan SD Card Android Yang Sudah Dipartisi"

  1. wah... artikel yg sangat berharga, trims atas pencerahannya gan

    ReplyDelete
  2. saya udah nyoba, tapi habis didelete sy lupa create, cuman delete trus apply, harus diformat deh --
    untung saya punya backup file

    ReplyDelete
  3. udah saya coba tutorial ini dan 100% berhasil gan :D
    tapi sekedar saran gan, kalo udah dibalikin kesemula lg, lebih baik SD cardnya di format dulu sebelum data" yg sebelumnya di pindahin :)
    Thanks

    ReplyDelete


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya