Cara Backup Data Aplikasi dengan Fitur Bawaan Android

Cara Backup dan Restore Data Aplikasi dengan Fitur Bawaan Android – Banyak yang belum menyadari akan pentingnnya backup. Backup adalah membuat cadangan supaya jika data tersebut tidak sengaja hilang maka bisa direstore atau di kembalikan lagi. Hal ini tentu penting karena jika data itu penting pastinya akan menyesal jika hilang begitu saja. Seperti contoh data percakapan sms, whatsapp, dan lainnya.

Semua itu membutuhkan aplikasi tersendiri. Kalau whatsapp memang sudah ada fitur auto backup, jadi setiap jam 04 pagi (pengaturan default) data percakapan akan dibackup dengan otomatis. Dan sms harus menggunakan aplikasi tersendiri, negitu juga dengan aplikasi lainnya.

Tidak hanya itu, rom android juga bisa di backup. Ini juga penting menurut saya, jadi jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada sistem operasi kita hanya tinggal restore saja rom yang sudah di backup dan android menjadi normal kembali.

Lalu apakah bisa backup tanpa aplikasi?

Jawabannya bisa. Kita bisa menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh android. Tetapi bukan data seperti data percakapan sms yang bisa dibackup, melainkan data pengaturan. Dengan melakukan backup ini maka saat install ulang atau berganti device maka aplikasi yang sebelumnya terinstall di device lama akan bisa diketahui tanpa harus mengingatnya. Ini dikarenakan data tersebut sudah tersimpan di akun yang kita gunakan. Data seperti password hotspot yang pernah kita masukkan juga akan tersimpan. Intinya adalah data yang ada di pengaturan.

Bagaimana cara mengaktifkannya?

Sangat mudah, silahkan pergi ke pengaturan kemudian pilin Akun lalu Cadangan dan reset lalu centang pada Backup data saya. Itu untuk fitur backup. Untuk restore silahkan centang Restore otomatis yang berada tepat dibawah backup data saya. Pada android harus ada akun google, karena data akan di backup pada akun tersebut, dan ketika ingin restore tinggal masukkan saja akun google yang sama dengan sebelumnya.

Cara Backup Data Aplikasi dengan Fitur Bawaan Android

Semoga Anda tidak bingung dengan penjelasan diatas, dan semoga cara backup dan restore data aplikasi dengan fitur bawaan android bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Backup Data Aplikasi dengan Fitur Bawaan Android"

Post a Comment


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya