Cara Menghemat Baterai Android Update

Cara Menghemat Baterai Android Update - Android sekarang ini menjadi smartphone yang paling banyak digunakan. Tidak mengherankan karena variasi dari smartphone Android yang sangat bermacam-macam. Mulai dari yang high end sampai yang low-end.

Namun permasalahan yang sering muncul adalah borosnya baterai Android. Dan saya sangat sering mendengar pengguna Android mengeluh karena baterai yang boros.

Android pastinya selalu dilengkapi dengan wifi, bluetooth, gps, dan lainnya. Juga aplikasi Android yang sangat banyak membuat penggunanya seringkali menginstall aplikasi berlebihan tanpa memperhatikan apa yang mereka butuhkan. Hal tersebut juga bisa membuat Android terasa lemot, untuk mengatasinya silahkan baca cara mengatasi Android yang lemot. Sebenarnya tidak hanya itu yang menjadi penyebabnya, masih banyak penyebab yang lain. Jadi mari lihat tips menghemat baterai Andoid berikut.


Cara Menghemat Baterai Android Update

Cara Menghemat Baterai Android

  • Matikan Wifi
Matikan wifi jika sudah tidak digunakan. Seringkali kita tidak mematikan wifi entah karena sedang terburu-buru, lupa, atau memang sengaja tidak mematikannya. Pengaktifan wifi secara terus-menerus akan membuat baterai Android cepat habis.

  • Atur Koneksi
Android selalu terhubung dengan internet. Dengan begitu aplikasi yang membutuhkan koneksi internet seperti facebook, bbm, dan whatsapp akan selalu mengambil data. Dengan begitu Android akan selalu bekerja meskipun dalam keadaan tidak digunakan. Saran saya matikan data jika Anda tidak sedang menggunakannya. Pesan bbm atau yang lainnya pasti bisa masuk ketika data dinyalahkan kembali. Cara lain jika Anda tidak ingin mematikan koneksi adalah dengan mengubah koneksi data ke gprs saja. Dengan ini pastinya akan membuat koneksi lebih stabil dari pada saat menggunakan 3G. Cara ini terbukti bisa menghemat baterai Android.

  • Matikan Bluetooth
Mematikan bluetooth jika sudah tidak digunakan karena sama seperti mematikan wifi ini juga akan menghemat baterai Android.

  • Matikan Gps
Gps sangat berguna untuk mengetahui posisi dan juga menunjukkan jalan jika kita tidak tahu berada dimana. Tapi jika ini digunakan terus menerus akan membuat baterai Android cepat habis. Jadi jika tidak sedang benar-benar memerlukannya matikan gps untuk menghemat baterai Android.

  • Kurangi Kecerahan Layar
Sesuaikan kecerahan layar dengan tempat Anda. Jika berada dirumah atau di dalam ruangan, kurangilah kecerahan layar sampai sekiranya pas dengan ruangan. Tidak terlalu cerah dan tidak terlalu gelep karena keduanya akan membuat mata tidak nyaman.

  • Matikan Rotasi Otomatis
Menurut saya rotasi otomatis tidak terlalu dibutuhkan, jadi untuk lebih menghemat baterai Android matikan saja fitur ini.

  • Matikan Sinkronasi Otomatis
Sinkronasi otomatis bisa membuat Anda selalu terhubung dengan sosial media seperti facebook. Hanya matikan ini jika Anda memang sudah tidak ada kepentingan seperti sedang liburan.

  • Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai
Silahkan mencoba menghemat baterai Android dengan Aplikasi penghemat baterai jika Anda tertarik. Untuk pengaruhnya saya tidak bisa memastikannya, karena itu saya menyarankan Anda untuk mencobanya sendiri.

  • Atur Waktu Tunggu Layar dan Suara
Sesuaikan waktu tunggu layar menjadi 30 detik jangan terlalu cepat atau lama. Untuk suara jangan menggunakan mode getar karena akan menguras baterai. Gunakan suara notifikasi seperti biasa atau matikan saja jika tidak diperlukan.

  • Hapus Aplikasi Yang Berjalan di Background
Aplikasi yang berjalan di background akan selalu membuat Android bekerja meskipun dalam keadaan tidak digunakan. Kurangi Aplikasi seperti itu atau kalau sudah tidak diperlukan lagi sebaiknya dihapus.

Sekian tips sederhana bagaimana cara menghemat baterai Android yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghemat Baterai Android Update"

Post a Comment


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya