Kelebihan Root dan Kekurangannya Pada Android

Kelebihan Root dan Kekurangannya – Pengertian root pada android adalah suatu proses yang membuat pengguna memiliki hak akses tak terbatas pada sistem operasi Android dengan super user. Dengan akses ini pengguna dapat melakukan kustomisasi pada Sistem Operasi Android, seperti meningkatkan performa Android, mengubah atau memodifikasi, menghapus apapun yang ada pada sistem operasi Android. Intinya pengguna mendapatkan akses penuh pada sistem operasi Android setelah melakukan root.

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang melakukan root adalah karena bisa menginstall custom room yang bisa meningkatkan performa, tampilan, dan versi sistem operasi Android. Ini juga menjadi berguna bagi pengembang custom room karena bisa melihat apa saja yang ada dalam suatu sitem operasi android untuk lebih bisa mengembangkan custom roomnya.

Semua itu bukan berarti tidak mempunyai resiko sama sekali, karena fungsi root yang membuat pengguna bebas melakukan apapun pada sistem operasi Android pasti ada resiko melakukan semua itu seperti sistem operasi menjadi tidak stabil, hilangnya file penting karena tidak sengaja terhapus dan masih banyak lagi, jadi berpikirlah dahulu sebelum melakukan root. Untuk itu mari kita bahas kelebihan dan kekurangan root.

kelebihan root pada android

Kelebihan Root


  1. Dapat akses Super User (kita bisa menginstall aplikasi yang membutuhkan hak akses super user)
  2. Kustomisasi pada OS Android (menambah, menghapus, memodifikasi pada OS Android)
  3.  Dapat Install custom room (perlu diketahui custom root tidaklah stabil dibanding dengan custom room, jadi bila ingin menginstall custom rom pada HH anda pilihlah yang paling stabil diantara semua custom room yang ada)
  4. Dapat meningkatkan performa Android (seperti melakukan overclock pada prossesor, dan menambah ram)
  5. Dapat memindahkan aplikasi ke SD Card
  6. Dapat backup dan restore stock rom (untuk melakukan ini kita harus menginstal CMW dahulu. Dengan ini kita tidak perlu khawatir jika salah melakukan sesuatu pada saat memodifikasi OS Android, kita hanya perlu merostore dan semua akan kembali seperi semula)

Kekurangan Root


  1. Garansi akan hilang karena jika melakukan root pastinya Android sudah di otak-atik dan vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan disebabkan karena pengguna melakukan root. Semua vendor setuju kalau Android yang sudah di root akan hilang garansinya. Tapi ini bisa diakali dengan melakukan unroot, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan garansi lagi.
  2. Tidak aman dari malware atau virus. Anda tidak boleh sembarangan menginstall aplikasi atau game dari sumber yang tidak jelas. Unduhlah dari google play store karena di sana sudah dijamin keamanannya dari malware/virus dan juga installah antivirus seperti Avast, AVG, dan lain-lain.

Jika anda sudah terlanjur melakujkan root dan mengalami stuck pada logo, mungkin anda harus melakukan reset pada android anda. Dengan reset maka akan mengembalikan semua pengaturan android menjadi seperti awal lagi. Tetapi jika kategori bootloop anda sudah tinggi, maka biasanya akan memerlukan flash.

7 Responses to "Kelebihan Root dan Kekurangannya Pada Android"

  1. mas klo kostumisasi OS'nya gmna ??

    ReplyDelete
  2. mas, ane udah root tap kok gak bisa pindah apk ke sd ya??
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya belum bisa mas, pakai link2sd dulu baru bisa tp harus dipartisi.

      Delete
  3. Kemungkinan berhasil berapa persen mas??
    Mohon di jawab. :)

    ReplyDelete
  4. Kemungkinan berhasil berapa persen mas?
    Mohon pencerahannya. O:)

    ReplyDelete
  5. 99,9 persen mas, kalau dilakukan dengan benar pasti sukses

    ReplyDelete


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya