Cara Install CWM Recovery Samsung Galaxy Young GT-S5360

Tutorial Cara Install ClockWorkMod Recovery Samsung Galaxy Young GT-S5360 - Setelah selesai mengulas tentang berbagai macam tutorial tentang galaxy young mulai dari root dan lainnya, kali ini saya ingin membahas tentang ClockWorkMod Recovery atau biasa disingkat CWM. Tidak bosan-bosannya saya mengulas samsung galaxy young karena memang ponsel android ini sangat terkenal dan digunakan oleh bnyak orang.

Mungkin di ponsel galaxy ini caranya lebih mudah dari ponsel sony karena tidak membutuhkan aplikasi tambahan yang harus diinstall dulu di pc dan lain-lain tapi caranya sangat sederhana dan tidak membuat pusing memikirkan tahap demi tahap yang harus dilakukan.

Selanjutnya saya akan menjelaskan sedikit tentang CWM karena saya malas jika harus menjelaskan dengan sangat detail, maklum ini juga lagi puasa dan saya tidak lagi ditemani makanan ataupun minuman hanya alunan musik santai saja. Mungkin kapan-kapan akan saya tulis postingan lengkap mengenai CWM.

ClockWorkMod Recovery (CWM) adalah recovery sekunder untuk sistem operasi Android. Lalu apa bedanya dengan recovery bawaan Android?? Sebenarnya sama tapi kalau CWM ini lebih lengkap, itu saja. Ada banyak fasilitas yang diberikan oleh CWM seperti Nandroid backup, restore, dan kalau kita ingin menginstall custom rom ya lewai CWM ini. CWM tersedia untuk berbagai macam Android, beda Android maka beda jugga CWMnya.

Cara ini sangat mudah seperti root galaxy young yang sudah saya behas sebelumnya karena hanya bermodalkan file berformat .zip yag sudah didownload. Tidak perlu lama untuk menginstallnya, hanya butuh waktu 1 menit saja. Perlu diketahui CWM ini tidak permanen, jadi setiap menggunakannya anda harus menginstallnya. Kalau sudah siap mari kita ke tahap proses instalasi.

Cara Install CWM Recovery Samsung Galaxy Young GT-S5360

Cara Install CWM Recovery Samsung Galaxy Young

  1. Pastikan kalau samsung galaxy young anda sudah di root, lihat cara root samsung galaxy young
  2. Pastikan juga baterai terisi penuh, minimal 50% untuk menghindari sesuatu yang tidak diingkan terjadi pada saat proses install dikarenakan baterai tiba-tiba habis
  3. Download CWM untuk samsung galaxy young disini
  4. Jika sudah selesai mendownload CWM taruh file tersebut di SD Card, saya sarankan jangan tarus di folder, taruh diluar saja supaya prosesnya cepat dan mudah
  5. Matikan ponsel Android galaxy young anda
  6. Masuk ke Android Recovery Mode dengan cara menekan tombol Home + Power + Volume Up secara bersamaan sampai muncul logo galaxy young
  7. Pilih apply update from sdcard. Gunakan volume up untuk keatas, volume down untuk kebawah, dan home untuk memilih
  8. Cari file CWM tadi yang sudah anda taruh di SD Card
  9. Tekan tombol home untuk install cwm dan tunggu sampai terbuka

22 Responses to "Cara Install CWM Recovery Samsung Galaxy Young GT-S5360"

  1. tau klo sudah berhasl'a gmna mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah berhasil mas akan masuk clockworkmod recovery. Setelah itu mas bisa melakukan hal seperti backup rom, dan lain-lain.

      Delete
  2. sy sdh berhasil..tp koq mlh g mau loading kmenu knp yaa???? hanya gambar samsung aj terus help me please!!!! sms me ke 08561647787

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk ke recovery mode kemudian reboot lagi. Kalau masih gak bisa di reset saja lewat recovery mode tapi semua data di internal akan hilang.

      Delete
  3. Kalau sudah di backup bisa langsung di restore mas? Soalnya memori termakan banyak, lalu ketika saya download lagu, lagunya gak trsimpan di sdcard jadi hilang lagunya, apakah itu pengaruh di backup cwm ya mas?

    ReplyDelete
  4. kalau setelah di backup bisa langsung di restore mas? Soalnya memori termakan banyak, lalu setelah itu saya download lagu tapi lagunya tidak trsimpan di adcard, lagu yg sy download itu tiba2 hilang, apa itu pengaruh karena backup cwm?

    ReplyDelete
  5. Kalau sudah di back up apa bisa langsung di restore? Soalnya memori termakan banyak, lalu setelah itu saya download lagu tapi lagunya tdk trsimpan di sdcard jadi lagunya hilang, apa itu karena backup cwm?

    ReplyDelete
  6. Kalau sudah di backup lalu langsung di restore bs mas? Soalnya memori kemakan banyak, lalu setelah itu sy download lagu tapi lagunya gk trsimpan di sdcard jadi lagunya hilang, apa itu karena pengaruh backup cwm?

    ReplyDelete
  7. Kalau sudah di backup langsung di restore bs mas? Soalnya memori kemakan banyak, lalu setelah itu sy download lagu tapi lagunya gk trsimpan di sdcard jadi lagunya hilang, apa itu karena pengaruh backup cwm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backup cwm itu cuma backup sistemnya mas, tidak sd cardnya.

      Delete
  8. Jd kalau saya langsung restore bisa mas? Apa internal memorinya bisa dipulihkan seperti semula krna internal memorinya penuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau direstore akan kembali seperti pada saat backup androidnya. Jadi kalau pada saat backup ada aplikasi facebook, maka kalau direstore aplikasi facebook tersebut akan ada meski sudah diuninstall setelah backup.

      Delete
  9. Mas saya rncana mau install custom rom jellyblast, tapi stlh sy backup cwm kok jadi gak bisa download apa2 lagi baik dari web ataupun browser..,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backup rom gak mempengaruhi apa-apa karena cuma membuat cadangan saja. Mungkin koneksinya, coba diperiksa.

      Delete
  10. Trus klw sy backup trus restore memori sdcard sy kembali sprti semula gk mas?? Lalu sdcard external sy kq sring gk trbaca sjak di backup??

    ReplyDelete
  11. Memori eksernal aq koq sering gak terbaca ya?? Pas aq backup cwm sdcardnya jd sring gk kbaca di hpnya,,

    ReplyDelete
  12. Smnjak aq backup cwm kq memori externalnya (sdcard) sring gk trbaca?? Itu kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backup dengan cwm itu cuma membuat cadangan rom yang disimpan pada sd card. Jadi gak akan mempengaruhi sd card, paling sd cardnya termakan backup kira-kira 200Mb.

      Delete
  13. min, sy klo upgrade bisa lewat cwm ga? kadang2 tampilannya berbeda dan tidak sama yang ada di tutorial nya.

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. link yang mana? saya barusan cek masih bisa kok

      Delete


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya