Tips Cara Menghemat Baterai Android Yang Boros

Tips Cara Menghemat Baterai Android Yang Boros - Sejak pertama kali menggunakan Android saya terbantu dengan berbagai kecanggihannya. Mulai dari kemudahan akses internet sampai aplikasinya yang sanat banyak sehingga membuat kemudahan seperti aplikasi translate yang membantu saya mengerjakan soal berbahasa inggris tanpa harus mencari manual di kamus, tinggal tulis saja dan sudah muncul yang dicari.

Banyaknya aplikai chatting juga memudahkan berkomunikasi, ini memang kegemaran anak muda. Aplikasi tersebut antara lain WhatsApp, Line, Kakao Talk, dan yang paling baru yangsangat fenomenal adalah BBM untuk Android. Semua itu pasti memudahkan kita berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan orang lain. Bagi anak muda yang menyukai chatting pasti aplikasi tersebut wajib terinstall di Androidnya.

Namun dari semua itu ada satu hal yang membuat kita semua bertanya-tanya, kenapa baterai Android boros? Ya, itu juga saya alami. Dulu saya belum mengerti Android dan menggunakannya dengan sembarangan, itu membuat baterai Android  cepat sekali habis. Saya menginstall banyak aplikasi, membuaka banyak aplikasi secara bersamaan, tidak menutup aplikasi karena saya menggunakan tombol home, itu juga yang membuat RAM penuh dan ketika RAM penuh Androi pasti terasa lemot. Aplikasi yang berjalan dibackgruond juga akan menguras baterai.


Tips Cara Menghemat Baterai Android Yang Boros

Pada dasarnya memang baterai Android cepat habis, baru di isi penuh saja kemudian dibiarkan beberapa saat baterai sudah berkurang. Tetapi itu tergantung Androidnya juga, semaikin canggih fiturnya maka konsumsi daya juga akan semakin besar.

Setelah mengalami masalah itu saya mencoba banyak aplikasi penghemat baterai yang bisa didownload gratisdi Google Play Store. Saya coba satu persatu tetapi hasilnya tidaklah memuaskan. Memang aplikasi itu mempunyai banyak fitur otomatis, mematikan bluetooth, wifi, paket data secara otomatis. Nyatanya tidak ada perubahan yang besar, malah aplikasi tersebut memberatkan Android. Apalagi kalau spesifikasi Android yang rendah, pasti sangat tidak nyaman menggunakannya.

Baiklah, ini adalah tips sederhana yang akan saya bagikan untuk Anda. Pertama matikan wifi, paket data, bluetooth, gps jika tidak sedang digunakan. Matikan juga rotasi otomatis kalau jarang menggunakannya. Matikan sinkronasi otomatis dan data latar belakang. Jika Anda menggunakan paket data secara terus menerus data latar belakng biarkan saja karena jika dimatikan pesan WhatsApp, BBM, Facebook tidak akan sampai. Kurangi kecerahan layar dan ubah nada menjadi getar saja.

Diatas saya sudah menyampaikan kalau menjalankan banyak aplikasi akan menghabiskan baterai dengan cepat, ini juga terjadi jika aplikasi berjalan di background. Jadi intinya adalah jangan menginstall banyak aplikasi, yang perlu saja yang diinstall.

0 Response to "Tips Cara Menghemat Baterai Android Yang Boros"

Post a Comment


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya