Cara Mengubah Jaringan Edge Menjadi 3G di Android

Cara Mengubah Jaringan EDGE Menjadi 3G di Android - Tidak semua daerah sudah mendukung jaringan 3g, pada daerah tertentu saja. Biasanya pada kota-kota besar katakanlah seperti Surabaya, Jakarta. Tetapi terkadang itu juga tidak merata pada setiap tempat disana.

Adanya jaringan 3g juga dipengaruhi operator seluler, dimana sebagian sudah menjangkau daerah pedesaan. Untuk operator yang saya pakai di desa saya tinggal saat ini sudah ada jaringan 3gnya dan mungkin operator ini satu-satunya yang sudah ada jaringan 3gnya, karena dari dulu saya tidak pernah berganti sim card jadi tidak tahu dengan operator yang lainnya.

Cara Mengubah Jaringan Edge Menjadi 3G di Android

Perbedaan EDGE, 3G, dan HSDPA

Pertama saya akan sedikit menjelaskan perbedaan dari ketiganya. EDGE adalah kepanjangan dari Enhanced Data for Global Evolution atau bisa juga disebut 2.5G. Edge mempunyai kecepatan yang lumayan sekitar 384kbps. 3G atau bisa disebut dengan UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) mempunyai kecepatan 2Mbps dan sudah bisa digunakan untuk panggilan video. HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau bisa juga disebut 3.5G adalah pengembangan dari 3g dan mempunya kecepatan kira-kira 7Mbps.

Mengubah Jaringan Menjadi 3G Permanen di Android

Jika Anda ingin mengubah jaringan menjadi 3G caranya sangat mudah. Silahkan ke Pengaturan kemudian Jaringan seluler lalu Mode jaringan dan pilih WCDMA saja. Tentu saja ini bisa dilakukan jika operator selulur yang Anda gunakan sudah mendukung 3G atau HSDPA di daerah tempat Anda tinggal dan smartphone Android yang Anda gunakan sudah mendukung 3G juga.

Melihat sekarang banyak Android dual sim yang tidak mendukung 3G atau dual sim cdma dan gsm yang mana hanya yang cdma yang mendukung EVDO (setara dengan 3G tetapi hanya ada pada cdma). Memang harga yang ditawarkan murah tetapi dengan jaringan yang cuma Edge pastinya membuat tidak nyaman untuk penggunaan internet.

Sekian tips sederhana Cara Mengubah Jaringan Edge Menjadi 3G di Android. Jangan lupa membaca juga cara mempercepat koneksi internet Android. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengubah Jaringan Edge Menjadi 3G di Android"

Post a Comment


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya