Cara Reset Android Soft dan Hard Reset

Cara Reset Android Soft dan Hard Reset - Reset adalah cara untuk mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Reset biasanya dilakukan karena ponsel mengalami macet, sering mati sendiri, dan penyebab-penyebab lainnya yang mungkin Anda alami sekarang ini.

Jika ponsel lama di gunakan, memang akan menyebabkan masalah-masalah di atas karena memori penuh dengan sesuatu yang tidak bisa dihapus entah itu dari aplikasi yang kita install, dari log, browser ataupun dari file yang tidak kita ketahui atau tidak kita inginkan. Lihat saja pada RAM Android kita pasti penuh dan kita tidak bisa menghapusnya secara permanen. Setelah RAM dihapus pasti kembali lagi.

Dengan reset biasanya sudah bisa mengatasi masalah-masalah diatas karena cara ini akan menghapus semua data yang ada di Android kecuali pada SD Card, tetapi Anda juga bisa memformat SD Card dengan mencentang format SD Card.

Cara Reset Android


Cara melakukan factory reset sangatlah mudah, tetapi setiap ponsel memiliki cara yang berbeda. Namun, saya akan menjelaskan cara umum melakukan Reset. Reset ini adalah factory reset dengan fitur yang sudah disediakan di android. Sebelum melakukan factory reset Anda harus memastikan baterai Android Anda full atau yang paling minimal 50 persen. Kalau itu sudah dilakukan, mari kita lanjutkan pada caranya.
Caranya masuk ke Setting > Privacy > Factory data  reset.

Cara Reset Android
Setting

Cara Hard Reset Android
Setting

Catatan: Jika Anda melakukan factory reset data yang ada di Android Anda seperti kontak, sms, dan yang lainnya akan terhapus, software dan data di kartu memori tidak akan terhapus. Jadi lakukanlah backup terlebih dahulu pada data di memori internal yang Anda anggap penting.

Cara Soft Reset


Cara ini tidak akan beresiko, cara ini kurang lebih sama dengan cara factory reset hanya saja menggunakan kode. Jika Anda belum yakin Anda bisa membatalkannya setelah menekan kode reset dibawah ini.
Kode reset: *#*#7780#*#*

Catatan: Jika Anda melakukan reset dengan cara ini, data pengaturan, sistem, dan aplikasi akan hilang/terhapus. Anda tidak usah khawatir software/aplikasi bawaan akan terhapus. Data di kartu memori Anda juga tidak akan terhapus.

Cara Hard Reset


Hard reset adalah cara yang sedikit extrim untuk mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan pabrik. Anda sudah tidak bisa membatalkan reset dengan cara ini setelah anda menekan kode reset di bawah ini.
Kode reset: *2767*3855#

Catatan: Jika Anda melakukan reset dengan cara ini maka semua data Anda akan dihapus kerena cara ini adalah melakukan instal ulang firmware Android Anda.

Demikian tutorial mengenai cara reset Android. Semoga sukses dan bila ada masalah saya tidak bertanggung jawab karena saya disini hanya memberikan informasi bagaimana cara melakukan hal tersebut.

76 Responses to "Cara Reset Android Soft dan Hard Reset"

  1. thanks gan, belajar banyak nihh..

    ReplyDelete
  2. gan smartfren andromax tablet ane gak bisa auto rotate, apakah factory reset bisa memperbaiki masalah ini? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yg rusak bkan hardwarenya insyaallah bisa, di coba saja gan.

      Delete
  3. gan klo pake hard riset bisa gak ngembalikan aplikasi system yg terhapus,, hh ane pengaturan system dan system UI kehapus, jadinya gak bisa di apa2kan ni hh, udah pernah ane masuk ke factory riset, tapi gak mempan, ane juga coba ganti custom rom, sama aja hasilnya gak bisa.. mohon pencerahannya gan, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. di coba saja gan,
      kalau masih gak bisa di flash saja gan.

      Delete
    2. kalo datanya sudah ke hapus dan di factory riset bakal kehapus permanen ga gan?
      soalnya ada data2 yg udah dihapus takutnya bisa dibalikin lagi,soalnya hpnya mau di jual gan..
      makasih sebelumnya..

      Delete
    3. Factory reset itu untuk mengembalikan pengaturan ke pengaturan awal/pabrik. Jadi Android akan seperti baru beli lagi.

      Delete
  4. gan andro saya , tiba tiba ngrestart , trus muncul gambar persis yg diatas itu .
    tiap dihidupkan muncul gituan , saran nnya gan pliss . gabisa dihidupkan ini hh ku >.

    ReplyDelete
  5. Hh ane system pengaturan nya gk ada. Udah reset factory jg gk kembali. Nada ilang smua, gk bs dnger musik,ringtone & notif gk bunyi sm skali gan. Mohon bantuan nya.

    ReplyDelete
  6. samsung galyoung sy dh di reset tp lama prosesnya,,,gk ada perubahan nge blank,, tolong pencerahannya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke recovery mode jika bisa, kemudian wipe data dan cache.

      Delete
  7. gan,,bagaimana caranya kalau android sudah ngeblank,,dalam artian kalau di hidupkan cuma bisa sampai muncul tulisan merk hp,,dan gak bisa lagi lanjut,,cuma bisa macet di situ,,,bagaimana caranya gan???????? thanks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Androidnya apa gan?
      Kalau bisa masuk ke recovery mode, coba reset dari situ.

      Delete
  8. tekan *2767*3855# dmn?
    ko gak bisa gagal terus...

    ReplyDelete
  9. Gan,kmaren kan galaxy grandku bru update software.tp ternyata ga memuaskan.bisa ngga ya balik lagi seperti sebelum d update?gmn ya caranya?

    ReplyDelete
  10. mas kalu andoidnya sudah di upgrade ke jelly bean apa kalau di hard reset kembali ke ics?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa, kalau mau dikembalikan ke ics harus didowngrade.

      Delete
    2. Samsung young ane pas idupin ke luar gambar vandroid android gan.font nya berubah.udah pke cara agan masih aj gak bisa.mohon bimbingannya gan..

      Delete
  11. Kadang-kadang memang tidak berfungsi. Mungkin bisa mengikuti tips berikut http://is-android.blogspot.com/2013/09/cara-mengatasi-tombol-back-android-yang.html

    ReplyDelete
  12. Gan android young ku ngehang.. Masih idup..tpi kluar gambar vandroid android..font nya berubah.. Kira² knp dan apa solusinya..? Apa masih bisa di perbaiki?? Cara dri agan udah aku coba tpi ttp gak bisa.. Klo di bawa ke galery center bisa gak ya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diflash saja gan kalau di reset masih tidak bisa, mungkin bisa kembali.

      Delete
  13. gan hh ane kan udah jellybean kalo dihard reset apa kembali lagi ke gingerbread lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah coba gan, tapi seepertinya tidak bisa.

      Delete
  14. gan kalo abis di root terus playstore nya jadi gabisa di buka, solusinya gimana gan? please gan

    ReplyDelete
  15. gan, saya pernah ngeroot samsung gt s5360 saya, trus playstore nya jadi gk bisa dibuka. saya coba cara agan tapi tetep gabisa, solusinya gimana gan?

    ReplyDelete
  16. Gan Kalo yang file dari SD Card ilang nggak?

    ReplyDelete
  17. gan kalo file yang di SD card ilang nggak?

    ReplyDelete
  18. Gan kalau Hp glayoung cuman bs amoe logo samsung it kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis gagal install custom rom? Atau root? Atau modifikasi sistem?

      Delete
    2. pny saya jg sama Gan, berawal saat cas baetary panas n ga bs terisi. trs cb d nyalakn hny sampai logo galaxy young ja. mnrt agan apany yg bmasalah n mhn solusinya....!!!!

      Delete
  19. gan hp gue galaxy ch@t getar2 sendiri tpi gk hdp,
    mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di restart dulu. Kalau masih tidak berubah baru di reset.

      Delete
  20. Gan, kan ane hbis update software gt nah bluetoothnya kgk bisa dipake. Kira2 klo di factory reset bisa ga kira2 gan? Ane khawatir gan. Mohon pencerahannya. Itu kira2 knpa yah? :'(

    ReplyDelete
  21. mas kalau factory reset aplikasi youtube,play store dan yang permanen lainya terhapus nga

    ReplyDelete
  22. mas kalu di factori reset aplikasi permanen seperti youtube pla store hilang nga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aplikasi yang sebelumnya sudah ada memang tidak akan hilang, updatenya saja yang hilang. Jadi versi aplikasinya jadi seperti dulu pas baru beli.

      Delete
  23. Gan kalo jaringan 3G HSDPA nya munculnya cuma beberapa menit terus tiba2 hilang itu gimana, harus direset gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sering begitu sebaiknya mencoba untuk reset. Kalau jarang kemungkinan karena operator jaringannya, sinyalnya tidak stabil.

      Delete
  24. mas Fajar, saya mau tanya. galaxy young saya tidak bisa nyala. awalnya bateray abis trus d cas sprt biasa. tp saat d cas bateray panas dan ga terisi. jd skrg hp hny bs nyala sampai tampilan galaxy young ja trs mati lg. kira2 hrs bmgn klau mnrt mas fajar....?
    thanks sblom nya

    ReplyDelete
  25. mas Fajar, saya mau tny soal hp galaxy young. saat di cas terakhir baetraynya panas dan ga terisi. saat di nyalakan hny sampai logo galaxy young saja terus mati lg. mnrt mas kira2 masalahnya d mana...? dan hrs d apakan...? makasih sblomnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba direset lewat recovery mode.

      Delete
    2. tidak bisa di apa2kan mas. sdh cbtekan tombol vol+, power dan home tp tetep tdk bisa masuk ke menu. hanya berhenti logo terus mati lagi, nyala lagi, mati lagi.......

      Delete
    3. Jalan satu-satunya ya di flash mas.

      Delete
    4. nge-flash klau ga bs masuk menu mode download bgmn mas....? di pc saya da instal ODIN n driver utk usb tp bgmn ngonect kan hp nya klau di hp ga bs masuk menu download....?

      Delete
    5. ODIN sdh saya aktifkan di pc, waktu hp saya connect, kondisi seperti saat hp dinyalakn. nyala keluar logo mati lagi, terus begitu ja. dan ODIN nya ga ke detect warna kuningnya.

      Delete
  26. Replies
    1. tetep tdk bisa mas. sdh instal samsung kies tp hp tetap hny sampai logo samsung terus mati lagi....

      Delete
    2. mas, saya sdh berhasil nge-flash. tp yg jd masalah skrg knp baetray tdk bs dicash bahkan sdh saya ganti bateray tetep tdk bs nge-cash.

      Delete
  27. mas kalo masalahnya cuma di tombol yang home, menu, dan back itu gimana ya mas? tapi fungsi touch screen nya masih normal, cuma 3 itu aja ga bisa berfungsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai tips ini http://is-android.blogspot.com/2013/09/cara-mengatasi-tombol-back-android-yang.html

      Delete
  28. Nice info gan, terima kasih

    ReplyDelete
  29. mas kan hp ku terkode kaya yang *#*#*#* yang gituh .
    terus touchscreen nya jadi gk brfungsi , harus gimna yah ?
    di flash juga tetep gitu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang rusak hardwarenya meskipun di reset atau diflash ya tetep gak bisa, harus diservice

      Delete
  30. makasih gan .. top pokokke :D

    ReplyDelete
  31. gan klo tombol touchscreen android ane sebelah kiri gak respon gimana gan?mo pencet '"a" malah yang keluar "p" yag sebelahnya?trims jawabannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mungkin layarnya lcdnya bermasalah, teman saya pernah seperti itu. Harus diganti sepertinya

      Delete
  32. Gan,samsung galaxy y saya tidak bisa dipake buat internetan padahal paket data sudah aktif dan pulsa juga masih ada, sinyalnya juga ada, tapi nggak muncul tanda paket data aktif, klo di Hard Reset akan kembail seperti semula lagi gak????? TOLONG DIJAWAB!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dicentang paket datanya pada pengaturan jaringan?

      Delete
  33. om sya pkex vandroid tuuh tp tiba tiba ngehank gara gara nya wktu itu kn lg sya charge truz smbil sya pkex radionan fsbookan sma smsn tiba tiba ngheank semuanya apl pada ga bisa dibuka trus sya coba restart mlah cuma smpex logo advan doang kedip kedip doank gimana donk solusinya sya bingung ni om tolong di jawb ya om .. makasiihh ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bootloop mbak, coba masuk ke recovery mode dan clear data dan cache. kalau tidak bisa masuk ke recovery mode jalan satu-satunya ya harus di flash

      Delete
  34. gan. hp saya tidak bisa di hard reset. awalnya mati total. lalu saya flash lewat usb ke compter. seteleah menuju keberhasilan flashing tiba2 ada notive "error mouth"
    trus saya hidupkan bisa tp hanya di logo. masuk ke factory mode lewat ponsol tdk bs. lalu sy lakukan hard reset jg td bisa. cara mengatasi nya gmn gan. tolong feedback ny dikirim ke sigit.finger@gmail.com
    thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan flashing lagi mas sigit, kalau kasusnya seperti itu satu-satunya cara harus di flash. kalau flash pastikan usb sudah terdeketsi oleh komputer ya biar lancar nantinya

      Delete
  35. Gan kan kemaren hape saya di partisi kan jadi kernel itu kalo pake hard reset ilang ngga?

    ReplyDelete


*Berkomentarlah dengan bahasa yang baik & sopan
*Komentar tidak keluar dari topik
*Maaf jika admin tidak membalas komentar yang keluar dari topik
*Tidak menyertakan LINK HIDUP, ALAMAT URL BLOG/ARTIKEL
*NO IKLAN, NO SPAM
*Untuk komentar yang lebih dari 200, silahkan klik pada LOAD MORE dibawah kotak komentar untuk menampilkan komentar selanjutnya